Pemko Langsa Terima Penghargaan Atas Penyaluran Tercepat Dak Fisik Tahun 2021

 

Langsa – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Negara/Lembaga Lingkup Pembayaran KPPN Langsa Tahun Anggaran 2022 dan Penghargaan Atas Penyaluran Tercepat Dak Fisik Tahun 2021 yang diterima langsung oleh Walikota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE yang diserahkan oleh Kepala KPPN Tipe 1 A Langsa Isulinda dilanjutkan Penanda Tanganan Fakta Integritas, yang turut dihadiri oleh Bupati Aceh Timur/Perwakilan, Bupati Aceh Tamiang/Perwakilan, Forkopimda, Rektor Unsam, Rektor IAIN Langsa, Pimpinan OPD, Kepala DPKA Langsa, Kepala DPKA Aceh Timur, Kepala DPKA Aceh Timur dan Tamu Undangan Lainnya, bertempat di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Langsa. Rabu (15/12/2021)

Dalam kata sambutannya Usman Abdullah menyampaikan, Saya mewakili Pemerintah Kota Langsa dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Langsa menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Satuan Kerja Kementerian/Lembaga dan Satuan Kerja Perangkat Daerah atas kerja keras yang dilakukan untuk terus berusaha merealisasikan kegiatan ditengah-tengah pandemi ini.

Melanjutkan kerja keras dan kinerja APBN Tahun 2021, dan dalam rangka menghadapi ketidak pastian ekonomi di Tahun 2022, Pemerintah merancang APBN Tahun 2022 yang responsif, antisipatif dan fleksibel. Semua Kementrian/Lembaga diharapkan selalu siap untuk melakukan penyesuaian otomatis (automatic adjustment) guna mengantisipasi ketidak pastian ekonomi dimaksud. Terangnya.

Kemudian, APBN Tahun 2022 akan fokus pada enam kebijakan utama, yaitu; Melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan. Menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan. Peningkatan sumber daya manusia (sdm) yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing. Melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi. Penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, dan Melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based budgeting untuk mendorong agar belanja lebih efisien. Tegasnya.

Alhamdulillah, saat ini pelaksanaan penyerahan DIPA lingkup KPPN Langsa dapat dilaksanakan, sehingga satuan kerja dapat segera melakukan proses pengadaan secara lebih dini mulai dari lelang hingga penandatanganan kontrak terutama untuk belanja modal. Lajutnya.

Dengan demikian kegiatan dan pelaksanaan anggarannya dapat segera dilaksanakan pada awal tahun 2022. Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada acara penyerahan DIPA di istana negara Jakarta, memberikan arahan agar pimpinan Kementerian/Lembaga untuk terus melanjutkan sinergi program dan kegiatan lintas Kementrian/Lembaga, terutama yang mencakup kegiatan di bidang kesehatan, perlindungan sosial, pendidikan, infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi, ketahanan pangan dan pariwisata.

Dan sebagai penutup Isulinda juga menambahkan, harapannya agar DIPA Tahun 2022 dapat segera ditindak lanjuti sehingga kegiatan dapat segera dilaksanakan di awal Tahun 2022. Sinergi Bapak/Ibu selaku KPA Belanja Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Transfer Daerah dan Dana Desa kiranya dapat menghadirkan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur.

Leave a Reply