WhatsApp Image 2017-11-05 at 16.13.26(1)

Tim Gabungan Bersihkan Saluran Induk

Langsa,(Kominfo)

Dalam rangka merealisasikan 100 hari kerja Walikota/Wakil Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE dan Dr H Marzuki Hamid, MM atau (Umara) jilid II, melaksanakan program “Kali Bersih” yang dilakukan oleh tim gabungan Pemko Langsa membersihkan saluran induk dan daerah aliran sungai (DAS) Krueng Langsa.

WhatsApp Image 2017-11-05 at 16.12.59

Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM bersama tim gabungan, sedang melakukan pembersihan sampah di saluran induk , Sabtu (4/11).(Kominfo)

Tim gabungan ini berjumlah 200 personel yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langsa, Dinas Lingkungan Hidup, TNI Kodim 0104 Aceh Timur, Polres Langsa, Pramuka, Mapala, Tagana, masyarakat Gampong Karang Anyar, Pondok Kelapa serta Paya Bujuk Seulemak.

Program kali bersih untuk tahap awal dilaksanakan, pada Sabtu (4/11) dengan membersihkan saluran induk yang berada di Gampong (desa) Karang Anyar hingga Gampong Paya Bujuk Seulemak, Kecamatan Langsa Baro.

Sekitar pukul 07.30 WIB  tim gabungan sudah mulai berkumpul di halaman Mesjid Karang Anyar dan sebelum dimulai kegiatan kali bersih Wakil Walikota Langsa, memberikan arahan.Kemudian, sekitar pukul 08.00 WIB tim langsung bergerak animasi melakukan pembersihan.

Sekitar pukul 11.00 WIB pembersihan saluran induk selesai dilakukan oleh tim gabungan,meskipun hari itu kondisi cuaca hujan tapi tidak membuat tim mundur melainkan tetap semangat.

WhatsApp Image 2017-11-05 at 16.13.26(2)

Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM, sedang melakukan pembersihan sampah di saluran induk Gampong Karang Anyar Kecamatan Langsa Baro, bersama tim gabungan, Sabtu (4/11).(Kominfo)

Disela-sela kegiatan itu, Marzuki Hamid, mengatakan, program kali bersih ini juga sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai maupun disaluran induk (parit).

“Saluran induk dan DAS bukan tong sampah, sehingga masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah di tempat tersebut, tapi buanglah sampah pada tempatnya karena nanti sampah-sampah itu akan diambil oleh petugas kebersihan,”ujarnya.

Dikatakan, program kali bersih ini juga untuk mengantisipasi banjir yang diakibatkan tersumbatnya saluran induk, sehingga meluap ke pemukiman warga dan  saat ini telah memasuki musim penghujan.

Diharapkan, kedepannya  setiap enam bulan sekali program kali bersih ini menjadi program masing-masing gampong, sehingga saluran induk dan DAS bisa bersih dari sampah-sampah yang dibuang oleh masyarakat.

Dia menambahkan, untuk tahap kedua, program kali bersih ini akan kita lakukan di sungai Gampong Seulalah hingga ke Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama.(kominfo)

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *