‎Peran Ibu Penting Untuk Pertumbuhan Balita

Ibu Ketua TP PKK Kota Langsa Nadia Anwar membuka acara Pencanangan Pemberian Vitamin A dan Pemantauan Status Gizi Pada Balita yang bertempat di Kompleks Perkantoran Geuchik Gampong Daulat, Kecamatan Langsa Kota. Rabu (07/08/2019).

Langsa – Ketua tim penggerak program kesejahteraan keluarga (TP PKK) Kota Langsa, Nadia Anwar, mengatakan, peran ibu sangatlah penting untuk pertumbuhan balitanya terutama dalam pemantauan status gizi vitamin A yang dilakukan dua kali dalam setahun yakni pada Febuari dan Agustus.

Demikian dikatakan, Nadia Anwar pada acara pencanangan pemberian vitamin A dan pemantauan status gizi pada balita di Kantor Keuchik Gampong (desa) Daulat, Kecamatan Langsa Kota, Rabu (7/8).         

Dikatakan, setiap Februari dan Agustus merupakan bulan vitamin A yang diperuntukkan kepada bayi dan balita.  Kapsul biru (mengandung vitamin A 100.000 iu) yang diperuntukkan bagi bayi usia 6-11 bulan dan  kapsul merah (mengandung vitamin A 200.000 iu) yang diperuntukkan bagi balita usia 12-59 bulan.

Sebab, vitamin A merupakan zat gizi yang penting  bagi manusia, zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani beberapa produk nabati terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong. 

Selain dari produk alami, vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin dan susu selain itu ada satu sumber vitamin A yang sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada balita yakni suplementasi vitamin A  melalui pemberian kapsul vitamin A.

“Manfaat vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan dan yang lebih penting lagi serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian, balita yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal dan bila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwanya,”ujarnya.

Selain itu, hasil penelitian diberbagai negara menunjukkan bahwa pemberian suplementasi kapsul vitamin A sebanyak dua kali setahun pada balita merupakan salah satu intervensi kesehatan yang berdaya ungkit tinggi bagi pencegahan kekurangan vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita.

Diharapkan, kepada para ibu agar dapat berperan dan proaktif untuk mengikuti setiap kegiatan pos tandu yang berada di gampongnya masing-masing demi menjaga sekaligus memantau pertumbuhan balitanya.

Leave a Reply