Asap Kembali Menyapa Sebahagian Aceh Berdasarkan Data BMKG

Data BMKG menunjukan kabut asap dari Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tamiang hingga Aceh Timur. Senin (23/09/2019).

Setelah beberapa hari yang lalu asap dari karhutla dari beberapa Propinsi di Sumatera masuk ke wilayah Aceh dan kemudian sempat menghilang, hari ini datang lagi menyapa Aceh. Senin (23/09/2019).

Bila dilihat dari peta sebaran asap yang dikeluarkan BMKG Pusat Jakarta, maka dapat kita lihat beberapa kabupaten kota di Propinsi ujung Sumatera ini antara lain Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tamiang dan Aceh Timur.

Asap ini dapat kita pastikan bukan dari Riau tapi dari beberapa propinsi di Sumatera yang masih dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu tingkat kepekatan yang ditimbulkan berbeda-beda, namun yang kami peroleh informasi dari masyarakat Aceh Tamiang dan Aceh Timur kali ini lebih pekat paparan asap sehingga jarak pandang yang tersisa antara 3 – 4 km saja.

Oleh karena itu kami BMKG_ACEH mengingatkan kepada masyarakat untuk membatasi bekerja diluar ruangan, memakai masker bila bepergian dengan kereta (motor) dan juga bila menggunakan kendaraan roda empat dll yang tidak ber AC baik kenderaan pribadi maupun kenderaan umum.

Namun karna Aceh dalam masa transisi, hujan kita perkirakan akan turun dlm tiga hari kedepan hampir seluruh Aceh kita perkirakan asappun akan menipis bahkan bisa hilang.

Leave a Reply