DPMG Sosialisasi SIG

Plt Kepala DPMG Langsa Azmi, mewakili walikota Langsa Usman Abdullah, SE membacakan sambutan di acara sosialisasi pengelolaan sistem informasi gampong (SIG) di Aula Setdako Langsa, Kamis (6/9).

Langsa – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Provinsi Aceh bekerjasama dengan DPMG Langsa, gelar sosialisasi pengelolaan sistem informasi gampong (SIG) di Aula Setdako Langsa, Kamis (6/9).

Sosialisasi ini dihadiri oleh aparatur pemerintah gampong (desa) yakni keuchik dalam wilayah Pemko Langsa dan dinas terkait.

Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Kepala DPMG Langsa, Azmi, mengatakan, kemampuan desa untuk mengelola pembangunan lebih mandiri yang didukung oleh semua unsur dan sumber daya desa yang sangat penting bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat miskin di desa.

Karena desa yang dapat menjalankan pengelolaan pembangunan secara mandiri bukan hanya mampu menggerakkan seluruh aset sumber daya yang dimiliki desa, tapi juga akan mampu memperbaiki kebutuhan dasar warga kebutuhan kehidupan memperjuangkan hak warga dan menata kehidupan secara berkelanjutan.

Para peserta sosialisasi pengelolaan sistem informasi gampong (SIG) yang bertempat di Aula Setdako Langsa, Kamis (6/9).

Ini sesuai dalam Undang-Undang (UU) Nomor : 6/2014 tentang desa. Dalam Pasal 86 disebutkan diantaranya bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa yang dikembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten atau kota.

Sistem informasi dikelola oleh pemerintah desa dan dapat diakses oleh masyarakat desa sistem informasi ini dapat dikembangkan karena bisa jelaskan manfaatnya bagi pemerintah desa dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat

Saya berharap kepada para instansi terkait dan sebagai upaya mengikuti sosialisasi ini dengan baik agar pengolahan data desa dimaksimalkan dengan baik sesuai kebutuhan masyarakat,”harapnya.

Jadi, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini maka diharapkan Langsa dapat meningkatkan kualitas pengolahan data yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

 

Leave a Reply