FGD Pembahasan Publikasi Kota Langsa Dalam Angka 2021

Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hammid, MM memberi kata sambutan di acara Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Publikasi Kota Langsa Dalam Angka 2021 bertempat di Aula Setdakot Langsa. Rabu (17/02/2021).

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hammid, MM membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Publikasi Kota Langsa Dalam Angka 2021 dengan narasumber Plt. Kadis Kominfo M. Husin, S. Sos. MM, BAPEDDA Mulyawan, SE, M.Si, dan Badan Pusat Statistik Aang Saputra, SST, M.Si bertempat di Aula Setdakot Langsa. Rabu (17/02/2021).

Dalam kata sambutannya Mazuki Hammid menyampaikan, Pemerintah Kota Langsa mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya acara Focus Group Discussion (FGD) serta seluruh peserta yang sudah mengikuti acara ini, sehingga nantinya Kota Langsa dapat membangun satu sistem informasi dalam bentuk Portal Satu Data Kota Langsa.

Pada otonomi, Pemerintah Daerah memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengatur berbagai aspek pembangunan sehingga membutuhkan data dan informasi pembangunan secara komprehensif dan terpadu. Data tersebut tidak hanya dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan, namun juga dimanfaatkan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pelaksanaan pembangunan, serta dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan periode berikutnya. Jelasnya.

Hal tersebut sejalan dengan Undang-undang No: 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional pasal 31 yang menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai permasalahan, antara lain data tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin, ada kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia, serta adanya perubahan alur data sektoral sejak berlakunya otonomi daerah. Selain itu, terjadinya pengumpulan data yang sama dengan metode yang tidak standar oleh beberapa instansi sektoral dapat menghasilkan indikator perencana pembangunan yang berbeda nilai dan tidak konsisten sehingga membingungkan para pembuat kebijakan.

Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hammid, MM saat foto bersama dengan narasumber Plt. Kadis Kominfo M. Husin, S. Sos. MM, BAPEDDA Mulyawan, SE, M.Si, dan Badan Pusat Statistik Aang Saputra, SST, M.Si bertempat di Aula Setdakot Langsa. Rabu (17/02/2021).

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, perlu suatu wadah komunikasi yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas untuk dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif. Tambahnya.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden No : 39 Tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia pasal 23 yang menjelaskan tentang Pembentukan Forum Satu Data Indonesia Tingkat Daerah. Wadah ini merupakan sarana berkomunikasi dan berkoordinasi dalam penyelenggaraan Satu Data di Kota Langsa. Forum Satu Data Kota Langsa terdiri dari BAPPEDA Kota Langsa Selaku koordinator, BPS Kota Langsa selaku Pembina Data, dan Diskominfo Kota Langsa selaku Walidata, serta seluruh stakeholders mencakup OPD dan instansi vertikal di daerah selaku produsen data. Kedepannya Forum Satu Data Kota Langsa ini akan memiliki kelembagaan formal yang ditetapkan dengan surat keputusan kepala daerah.

Melalui harmonisasi dan integrasi data yang terbentuk ini diharapkan mampu memfasilitasi pembahasan tentang berbagai permasalahan data dan sekaligus mampu memberikan data serta informasi untuk perencanaan pembangunan secara komprehensif dan terpadu. Selain itu, diharapkan akan terbangun suatu sistem informasi yang menyatukan semua data yang dibahas dalam forum Satu Data Kota Langsa, dalam bentuk Portal Satu Data Kota Langsa.

Mari kita menyikapi penyelenggaraan kegiatan statistic sektoral ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada bangsa dan negara, membantu negara untuk hadir di dalam penyediaan data yang akurat untuk mendukung pembangunan. Saya meminta kepada BAPPEDA selaku koordinator dalam Perencanaan Pembangunan Daerah, Diskominfo yang menangani kegiatan statistik sektoral, BPS Kota Langsa sebagai pembina statistik serta OPD lainnya untuk dapat saling bekerja sama menghasilkan data statistik sektoral yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Publikasi Langsa Dalam Angka sebagai salah satu bentuk kompilasi data statistik sektoral, telah rutin diterbitkan. Saya mengharapkan publikasi ini dapat ditingkatkan kualitasnya dan dipercepat penerbitannya sehingga dapat segera kita manfaatkan bersama, sebagai langkah awal untuk mendapatkan data yang terintegrasi dan akurat. Tutupnya.

Leave a Reply