Pemko Langsa Gelar Rakor Corona

Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hammid, MM memimpin rapat koordinasi terkait penanganan dan pencegahan covid-19 (Corona) bertempat di Aula Setdakot Langsa. Senin (16/03/2020).

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hammid, MM memimpin rapat koordinasi terkait penanganan dan pencegahan covid-19 (Corona) yang di ikuti oleh Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD dan Kepala Puskesmas dalam wilayah Pemko Langsa bertempat di Aula Setdakot Langsa. Senin (16/03/2020).

Dalam rakor kali ini Wakil Walikota Langsa berterima kasih atas langkah-langkah antisipasi yang telah dilakukan dan tentunya masih dijalankan guna mencegah virus covid-19. Beliau, juga meminta informasi apa saja mengenai Kota Langsa yang terkait dengan covid-19 dan untuk dapat up to date disetiap informasi terbaru yang mungkin terjadi.

Menurut laporan Kadis Kesehatan Kota Langsa Dr. herman, Kota Langsa sampai dengan saat ini alhamdulillah kondusif aman. Untuk tindak antisipasi sudah berjalan karena virus ini sudah dikategorikan endemi dan diharapkan untuk setiap masyarakat yang melakukan aktifitas keluar masuk kota agar dapat memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

Kemudaian, Rumah Sakit rujukan sebagai pasien suspect covid-19 (Corona) adalah RSU Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Jln. Tgk. Daud Beureueh No, 108, Telp : (0651) 34565 dan RSU Cut Meutia Aceh Utara, Jln. Banda Aceh – Medan Km, 6 Buket Rata. Lhokseumawe, Telp : (0645) 46334.

Juga melaporkan Dirut RSU Kota Langsa Dr. Fardhiyani, untuk sampai dengan saat ini kami belum mendapatkan pasien atau laporan-laporan yang telah suspect covid-19 dan disarankan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menggunakan safety pada saat melakanakan kegiatan diluar rumah, jika kesulitan memperoleh hand sanitizer maka masayrakat dapat menggunakan larutan jeruk lemon, cuci dan bilas tangan dengan air mengalir.

Kajari Kota Langsa Ikhwan Nul Hakim SH juga menambahkan, pencegahan yang efektip dapat dimulai dari lingkungan masing-masing atau dari tahap level rumah masing-masing. Dimohon kerjasama serta koordinasi bertahap, cepat dan baik apabila mendapat laporan-laporan terkait covid-19.

Seluruh Unsur, Pimpinan OPD dan Kepala Puskesmas dalam wilayah Pemko Langsa mengikuti rapat koordinasi terkait penanganan dan pencegahan covid-19 (Corona) yang di ikuti oleh bertempat di Aula Setdakot Langsa. Senin (16/03/2020).

Dilanjutkan Ketua DPRK Langsa Zulkifli Latief agar tidak membuat dan menyebarkan berita hoaks, sehingga menimbulkan kepanikan publik dan menimbulkan penyakit baru yaitub penyakit ketakutan (Fobia).

Langkah yang di ambil berdasarkan hasil rakor dan diharapkan dapat di terapkan secepat nya guna mencegah virus covid-19 yaknin :
1. Kegiatan belajar dalam rangka lock down.
2. Melakukan sosialisasi mengenai penanganan dan pencegahan virus covid-19.
3. Penundaan kegiatan/agenda Pemko Langsa yang melibatkan banayak orang.
4. Penyedian Hotline/Posko bersama
5. Penutupan sementara tempat objek wisata
6. Pengawasan terhadap penimbunan kebutuhan pokok.
7. Pengawasan terhadap orang asing.
8. Menghentikan sementara absensi digital menjadi absensi manual.

Leave a Reply