Pemko Langsa Salurkan Zakat Senif Fakir Miskin

Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM menyerahkan Zakat Senif Fakir dan Senif Miskin untuk warga Fakir dan Miskin SE-Kota Langsa Tahun 2019 bertempat di Aula Sekdakot Langsa. Rabu (29/05/2019).

Langsa – Penyerahan tentang Penyaluran Zakat Senif Fakir dan Senif Miskin untuk warga Fakir dan Miskin SE-Kota Langsa Tahun 2019 yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM bertempat di Aula Sekdakot Langsa. Rabu (29/05/2019).

Harus kita sadari bersama, kekuatan dari ruh lembaga pengelola zakat terletak pada kesungguhan dan melayani, melindungi, dan menyelamatkan kaum fakir dan miskin. Untuk itu, lensa pandang organisasi pengelola zakat dalam pengembangan program pendayagunaan zakat haruslah selalu memperhatikan secara obyektif kebutuhan hidup mustahiq yang perlu dibantu dan diberdayakan.

Pertimbangan subyektif lembaga dalam upaya perolehan dana dan kepentingan promosi, tidak dapat dijadikan ukuran untuk menilai kelayakan suatu program. Program-program yang dilakukan Baitul Mal Kota Langsa ke deopan saya harapkan agar diarahkan untuk lebih mempertegas fungsi Baitul Mall sebagai amil zakat.

Dengan perolehan dana zakat kita tidak akan bisa menghapus kemiskinan yang merupakan Sunnatullan, tetapi yang dapat dan wajib diupayakan ialah menurunkan tingkat kemiskinan dan mendekatkan jarak antara golongan kaya dengan golongan lemah dan kurang beruntung secara ekonomi.

Marilah kita belajar dari sejarah bagaimana prestasi gemilang Khalifah Umar bin Abdul Aziz pada dinasti umayiyah yang dipandang sebagai era kejayaan dari peradaban zakat bukanlah karena berhasil mengentaskan kemiskian secara absolut. Tetapi sebagai keapala negara yang amat terkenal kesederhanaan, kejujuran, dan keadilannya, beliau membangun infrastruktur sosial yang kuat.

Diantaranya jaminan kehidupan fakir miskin, sehingga Setiap fakir miskin merasa malu menampakkan kemiskinannya karena kehidupan mereka selanjutnya terjamin. Dalam islam setiap individu harus terlindungi dari bahaya kemiskinan, kelaparan, ketidak mampuan dalam membiayai Pendidikan, tempat tinggal yang layak serta kesempatan menghadapi masa tua. Salah satu instrumen untuk mewujudkan keselamatan insan (human sceurity) dalam Islam adalah pendanaan yang berasal dari zakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya atas nama pemerintah Kota Langsa dan pribadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Baitul Mal Kota Langsa beserta seluruh jajarannya yang selama ini telah bekerja dengan keras dan ikhlas dalam melaksanakan tugas. Saya juga ingin menghimbau kepada para penerima zakat senif fakir dan miskin agar dapat mempergunakan dana ini dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply