Pemko Langsa Sosialisasi Dana Desa

Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, membuka serta memberi sambutan di acara Rapat sosialisasi dana desa di Aula Kantor DPMG setempat, Kamis (31/1/2019).

Langsa – Pemko Langsa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) melakukan sosialisasi dana desa tahun ini di Aula Kantor DPMG setempat, Kamis (31/1/2019).

Acara itu langsung dibuka oleh Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, dan turut dihadiri oleh Kepala DPMG setempat, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Kepala Bank Aceh Syariah Langsa beserta camat dan keuchik dalam wilayah Kota Langsa.

Dalam sambutannya Marzuki Hamid mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengelolaan keuangan gampong (desa) tidak berjalan diluar jalur yang telah di tetapkan, sebagaimana tiga peraturan walikota Langsa dan dua keputusan walikota Langsa yang telah mengarahkan dan berpedoman pelaksanaan secara teknis dan dibantu dengan pendamping ditingkat gampong, serta pembinaan dan evaluasi di tingkat kecermatan sebagai perpanjangantangan walikota dan DPMG setempat.

Dikatakan, dalam menjalankan pengolahan keuangan gampong dapat bekerjasama dan menfungsikan seluruh perangkat gampong baik kesejahteraan yaitu sekertaris dan para kepala seksi serta unsur kepala wilayah yaitu kepala dusun di wilayah kepemimpinan keuchik masing masing.

“Pada dasarnya keuchik wajib menjalankan manajerial yang menciptakan good government (Pemerintahan yang baik) dan sehingga pencairan, pelaporan administrasi dan pelaporan dapat diselesaikan tepat waktu mengingat bahwa Mendagri Nomor : 20/2018 tentang keuangan desa menjadi standar kinerja 2019 yang akan di evaluasi pada tahun 2020 dengan aplikasi online yang akan ditetapkan dan memaksimalkan pada tiap kabupaten atau seluruh Indonesia,”ujarnya.

Karenanya, keuchik beserta perangkatnya dapat melaksanakan pengelolaan keuangan gampong dengan sebaik-baiknya dengan rujukan pedoman aturan yang baku dan konsultasi sesegera mungkin kendala yang terjadi di lapangan.

Sehingga, capaian kinerja gampong dan umumnya Kota Langsa mendapatkan predikat baik. Jalinlah hubungan yang baik dengan lembaga-lembaga yang melekat pada gampong sehingga diintegritas pembangunan gampong dapat berjalan dengan maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Leave a Reply