Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kota Langsa

Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hammid, MM saat memberi kata sambutan di acara pencanangan vaksinasi covid-19 bertempat di Halaman RSUD Kota Langsa. Rabu (10/02/2021).

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hammid, MM didampingi Forkopimda, Pimpinan OPD memulai pencanangan vaksinasi covid-19 dengan melepas balon ke udara dilanjutkan dengan vaksinasi bertempat di Halaman RSUD Kota Langsa. Rabu (10/02/2021).

Wakil Walikota Langsa dalam kata sambutannya menyampaikan, pandemi covid-19 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan berdampak pula terhadap sistem kesehatan, perekonomian, sektor sosial, pariwisata dan pendidikan.

Sementara itu, kerentanan penyebaran virus ini dalam masyarakat semakin meningkat. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran terhadap penerapan protokol kesehatan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Tegasnya.

Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hammid, MM didampingi Forkopimda, Pimpinan OPD melepas balon ke udara dilanjutkan dengan vaksinasi bertempat di Halaman RSUD Kota Langsa. Rabu (10/02/2021).

Vaksinasi merupakan prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh guna menstimulasi sistem imun tubuh. Kemudian memproduksi imunitas/kekebalan tubuh yang spesifik terhadap suatu penyakit tertentu dan pencanangan ini tentunya diharapkan untuk imunitas/ kekebalan terhadap covid-19.

Vaksinasi covid-19 juga bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Mencapai kekebalan kelompok ditengah masyarakat dan melindungi masyarakat. Kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah.

Kekebalan ini juga bermanfaat untuk melindungi kelompok yang tidak termasuk dalam sasaran vaksinasi ataupun kelompok
yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi. Tambahnya.

Direktur RSUD Kota Langsa Dr. Helmiza Fahry SpOT, dalam laporannya mengatakan vaksinasi dimulai pencanangannya hari ini, untuk RSUD Kota Langsa sasaran tenaga kesehatan dan non kesehatan sejumlah 1.173 orang, seluruh sasaran diharapkan meregestrasi untuk mendapatkan E-Tiket.

Selanjutnya tim pelaksana akan menentukan jadwal vaksinasi sesuai dengan data pada aplikasi E-Tiket vaksinasi, yang mana tahap pertama ini akan berlangsung selama 13 hari yang di mulai dari pukul 08:00 wib sampai dengan 12:30 wib dan tahap kedua pada hari ke 14.

Pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan petunjuk teknis dari Kemenkes RI dilakukan dalam 4 meja/tahap yakni ;
1. Registrasi dan verifikasi
2. Skrinning dan disini akan dilakukan analisa serta pemeriksaan fisik penerima vaksin
3. Vaksinasi berdasarkan hasil dari skrinning layak atau tidak untuk divaksin
4. Observasi. Tutupnya.

Leave a Reply