Pengembangan TTG Berdayakan Masyarakat

Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, didampingi Ketua Komisi I DPRK Langsa, sedang melihat inovasi masyarakat yang membuat mesin pemecah buah pinang di Aula DPMG setempat, Kamis (8/3/2018).

Langsa – Pengembangan teknologi tepat guna (TTG) sebagai bentuk memberdayakan masyarakat dan kini terus digalakkan terutama dalam hal pengelolaan sampah, karena produksi sampah saat ini semakin banyak.

Karenanya, dengan adanya TTG ini bisa melakukan pengelolaan sampah yang terus di produksi oleh semua kalangan. Sehingga, daur ulang dari sampah-sampah ini menggunakan TTG akan menghasilkan nilai ekonomis sekaligus memberdayakan masyarakat sebagai pengelolanya.

Demikian disampaikan, Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid, MM, saat membuka kegiatan lomba TTG di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) setempat, Kamis (8/3/2018).

Menurutnya, sampah merupakan persoalan keseharian yang selalu berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Karenanya, dibutuhkan adanya TTG agar berapa pun jumlah sampah yang dihasilkan dapat di olah menjadi barang-barang bermanfaat.

Selain pengolahan sampah, TTG juga mampu melahirkan alat yang mempermudah pekerjaan, seperti menciptakan alat mengangkat tandan sawit secara praktis. Serta banyak TTG lainnya yang harus terus dikembangkan demi memberdayakan masyarakat dan juga meningkatkan kesejahteraan.

“Jadi, melalui lomba TTG ini kita berharap anak-anak kita dapat terus berinovasi dan melahirkan berbagai teknologi untuk membantu kemudahan hidup. Dengan teknologi yang dimiliki anak-anak dapat mengangkat nama Aceh ketingkat internasional,”ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya perlombaan TTG yang diadakan oleh DPMG bisa menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat dalam mengembangkan tehnologi yang inovasi.

Leave a Reply