Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 Dilaksanakan Didalam Gedung Tertutup 

Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM menyerahkan Piagam Perhargaan kepada Anak Kota Langsa Berprestasi, Gampong Layak Anak, Sekolah Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak bertempat di Gedung Cakra Donya Langsa. Selasa (24/09/2019).

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM memberikan kata sambutan dan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Perhargaan kepada Anak Kota Langsa Berprestasi, Gampong Layak Anak, Sekolah Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak dan membagikan masker gratis pada Peringatan Hari Anak Nasional bertempat di Gedung Cakra Donya Langsa. Selasa (24/09/2019).
Akibat kabut asap yang sedang menyelimuti hampir diseluruh wilayah Aceh maka Pemko Langsa menggelar Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini didalam ruangan tertutup. Gedung Cakra Donya Kota Langsa tampak dipadati oleh siswa-siswi pelajar dari sekolah tingkat dasar, menengah pertama, menengah atas, tinggi dan para ibu/bapak guru.
Dalam kata sambutanya Wakil Walikota Langsa menyampaikan, Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 dimaknai sebagai kepedulian seluruh Bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Dapat mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas, ceria, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bertakwa kepada Allah SWT.
Marilah pada kesempatan ini kita renungi sebuah firmanAllah dalam surah Luqman Ayat 13 yang artinya “ Dan (ingatlah) katika Luqman berkata kepada anaknya, diwaktu la mamberi pelajaran kepadanya “Hai anakku, janganlah kamu, mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar “. Luqman :13). Ucapnya.

Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM membagikan masker gratis pada Peringatan Hari Anak Nasional bertempat di Gedung Cakra Donya Langsa. Selasa (24/09/2019).

Pendidikan anak sangatlah penting untuk selalu dikaji, anak sebagai penerus bangsa juga penerus agama yang harus selalu dibekali dengan ilmu yang bisa menjadi dasar untuk dewasa nanti. Anak-anak harus diberi arahan dengan bijak tanpa harus menggurui, namun penuh kasih layaknya sahabat yang saling berdiskusi. Tambahnya.

Melalui peringatan Hari Anak Nasional diharapkan Pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi dan memastikan sejak awal hal-hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.
Harap nya, Peringatan Hari Anak Nasional ini harus dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kepedulian sesama warga bangsa Indonesia. Baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan Pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Agar anak Indonesia yang berjumlah 79,6 juta pada tahun 2018 dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga menjadi generasi penerus yang berkualitas tinggi.
Adapun Tema Hari Anak Nasional Tahun 2019 adalah ” Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak ” dengan selogan ” Kita Anak Indonesia, Kita Gembira “. Tujuan dari Hari Anak Nasional adalah memunculkan kepedulian semua pihak untuk mewujudkan lingkungan yang berkualitas bagi anak dan arti penting peningkatan kualitas anak melalui Pengola pengasuhan yang berkualitas.
Oleh sebab itu, marilah kita sebagai orang tua maupun masyarakat untuk mengajarkan segala kebaikan kepada anakanak agar kelak mereka menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermanfaat bagi agama dan bangsa. Keperdulian kita terhadap anak baik dibidang agama, pendidikan, kesehatan, tumbuh kembang, perlindungan, dan hak hidup. Akan berdampak positif bagi sang anak sehingga anak-anak dapat beraktifitas, berkreasi, serta mengembangkan bakat minatnya sesuai dengan usia dan kemampuannya. Ajaknya.
Pada tanggal 23 juli tahun 2019 yang lalu, kita meraih juara nasional pengembangan Kota Layak Anak (KLA) yang diadakan di Makasar (Provinsi Sulawesi Selatan) dengan Kategori Pratama. Saya atas nama Kepala Daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam percepatan pengembangan Kota Langsa sebagai Kota Layak Anak (KLA).
Wakil Walikota juga berharap untuk tahun 2020 yang akan datang Kota Langsa dapat semakin lebih meningkat lagi menjadi Kategori Madya. Saya sangat mendukung Kota Langsa pada tahun 2022 sudah menjadi Kota Layak Anak (KLA). Semoga melalui peringatan Hari Anak Nasional ini, kita sebagai warga Negara peduli akan masa depan Bangsa, karena masa depan Bangsa ada ditangan anak-anak kita.

Leave a Reply