Pesona Langsa Gemilang

Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM saat menanam bibit mangrove di acara Pesona Langsa Gemilang dengan tema “Mari Lestarikan Mangrove” bertempat di Gampong Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur. Sabtu (27/04/2019).

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM membuka acara Pesona Langsa Gemilang dengan tema “Mari Lestarikan Manggrove” dengan menanam bibit Manggrove bertempat di Gampong Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur. Sabtu (27/04/2019).

Seperti yang kita ketahui keberadaan hutan mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik, ekologi serta yang terpenting aspek ekonomi. Dari sisi fisik, mangrove berakar banyak dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak dan abrasi air laut. Dari sisi ekologi, mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur / limbah dan menyerap polutan/asap dari udara.

Dari sisi ekonomi juga kita tahu mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah / biji untuk dibuat berbagai panganan atau minuman. Mangrove juga merupakan habitat berbagal jenis ikan, udang dan ketiping serta biota laut lainnya yang sangat menguntungkan secara ekonomis bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan mangrove itu sendiri.

Keberadaan hutan mangrove berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi sebuah wisata alam, seperti halnya kawasan hutan mangrove yang ada di Gampong Sungai Lueng ini, yang akan terus kita kembangkan serta kita lestarikan berorientasi pada program terpadu dan berkelanjutan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Presiden No. 73 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove Indonesia.

Kami menyadari bahwa dalam konteks pengelolaan ekosistem mangrove selain merehabilitasi secara fisik, diperlukan pula pengembangan kelembagaan. Pemerintah Kota Langsa sangat mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini.

Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi agar kegiatan ini dapat terlaksana. Kita harapkan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut sehingga upaya kita untuk menjaga ekosistem mangrove serta menjadi kan kawasan tersebut sebagai ekowisata dapat terus terlaksana.

Leave a Reply