Tempat Kumuh dijadikan Penghijauan

Wakil Walikota Langsa bersama petugas BLHKP dan warga sedang melakukan pembersihan sekaligus penanaman pohon pada lahan kumuh di Gampong Paya Bujok Blang Pase, Langsa Kota, Jumat (9/32018).

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. H Marzuki Hamid, MM bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, Jumat (9/3/2018) membersihkan kawasan kumuh di Gampong (desa) Paya Bujok Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota.

Selain membersihkan kawasan kumuh tersebut wakil walikota juga melakukan penanaman berbagai jenis pohon hutan rakyat untuk penghijauan dan sebagai bentuk untuk menciptakan lingkungan sehat bersih.

Disela-sela aktifitasnya Marzuki Hamid, mengatakan, kebijakan mengalihkan lahan kumuh tersebut menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dengan berbagai pohon hutan rakyat, agar Kota Langsa yang sedang menggalakkan penghijauan dan lingkungan sehat, terbebas dari kawasan kumuh.

Menurutnya, kawasan kumuh yang kita jadikan sebagai RTH dengan penamaman berbagai jenis pohon untuk penghijauan merupakan lahan milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Selama ini, lahan yang berada di kawasan perkotaan terlantar dan ditempati oleh warga dan setelah ditinggalkan oleh warga kini lahan tersebut menjadi semak.

Karenanya, untuk membebaskan Langsa dari kawasan kumuh, pemerintah melakukan penghijauan dengan penanaman sejumlah pohon hutan rakyat. “Kita harapkan program penghijauan ini didukung oleh warga setempat dengan ikut merawat dan menjaganya hingga tumbuh dan menjadi taman,”harapnya.

Pohon-pohon hutan rakyat yang kita tanam hari ini nantinya akan kita wariskan kepada anak cucu kita, jadi kita semua wajib bertanggung jawab untuk menjaga dan mengelolanya. Karena selain warisan kepada anak cucu, penghijauan ini juga untuk menciptakan lingkungan kita yang sehat dan indah.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *